Search This Blog

Kenangan Kuliah Kerja Nyata (KKN)


Kuliah Kerja Nyata (KKN)? Mungkin kita akan berpikir tentang desa kecil yang masih asri dan jauh dari perkotaan. Namun di sisi lain, KKN menyimpan banyak cerita, suka duka dan pengalaman yang begitu berharga.





Desa Karyasari, Kecamatan Rengasdengkok, Kabupaten Karawang. Lokasi itu lah yang saya pilih untuk mencoba langsung terjun ke masyarakat (Pengabdian masyarakat).
Awal saya bertemu dengan temen sekelompok KKN sangat begitu asing, tetapi ketika ngobrol bareng, ternyata mereka cukup renponsif. Di awal pertemuan kita sudah buka puasa bersama, kebetulan pada saat itu masih bulan Romadhon, dan pada saat itu juga kita merasa semakin akrab.

Tapi langsung saja deh cerita saat KKN, kalo cerita dari awal banget kepanjangan haha...

Tidak terasa satu bulan saya hidup bareng keluarga baru, keluarga KKN Karyasari Posko II. Menghabiskan waktu tiap detik bareng mereka. saya cukup sedih karena enggak bisa ngelakuin hal konyol bareng temen-temen KKN lagi. Hampir di setiap akun Sosial Media temen-teman saya pada pasang foto-foto mereka saat KKN.

-----------------------------------------------------
Video Dokumenter kita, Klik Link di bawah

--->> https://youtu.be/MT9sucvBmpU

--->> https://youtu.be/YMHRkPc5fgs






-----------------------------------------------------

Pertemuan singkat sebulan.
Seminggu, dua minggu berlalu. Kita akhirnya saling mengenal, bertegur sapa mengundang tawa dan tertawa bersama. Sungguh moment yang sangat bahagia seperti :
Makan Bareng, sampai rebutan makanan
Kegiatan gotong royong
Antri Mandi, sampai yang laki-laki ngalah lalu otw Mesjid untuk mandi.
Cerita horor? (Sudah biasa)
Ikut bahagia melihat keceriaan anak-anak desa
Belajar masak (Buat perempuan)
Shalat Jamaah di Mushola dekat Posko
Rapat Evaluasi Rutinan
dan berbagai macam kegiatan lainnya yang telah kita lewati bersama.

Ada yang saling suka, ada yang bertepuk sebelah tangan , ada yang memendam rasa. tapi itu semua kita jadikan sebagai pengalaman yang berharga. Yang gak akan pernah terlupakan sampai kapanpun.

Jujur dari diri saya pribadi tidak sanggup untuk mengatakan Perpisahan dengan teman-teman KKN & juga masyarakan sekitar posko.
tapi dimana ada pertemuan pasti ada perpisahan. Dimana ada perpisahan pasti ada sejuta kenangan. Tapi saya enggak menganggap perpisahan sebagai akhir dari cerita.
Tapi sebuah awal. Awal sebuah cerita yang baru. Awal sebuah hubungan yang baru.
Yang kemarin cuman nganggep temen kelompok biasa, sekarang nganggep keluarga. Nganggep dimana semua saling melengkapi dan saling membutuhkan.

Pertemanan yang terjalin selama ini bisa membuat kita menjadi satu, satu keluarga yang utuh yang bisa mengisi kekurangan kita. Rasa yang tercipta dalam  hubungan ini, membuat kita mengenal lebih jauh sosok masing-masing.

KKN telah selesai.
kita kembali ke aktivitas awal. yaa perpisahan ini memang berat, tetapi saya yakin dengan perpisahan ini kita bisa menjadi lebih sukses lagi.
dan tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat desa Karyasari Dusun krajan Utara, khususnya RT07, Pak wakil (Ketua dusun yang bernama Pendi/Pendot). dan yang tidak lupa saya ucapkan terima kasih sekaligus permintaan maaf kepada semua teman-teman KKN Karyasari Posko II'. Makasih banyak atas SEMUANYA.

Ahmad,  Aji,  Anisa FR,  Anna,  Ocky,  Citra,  Desi,  Devi,  Fajar,  Faikar,  Fazin,  Gugum,  Hasna,  Imam,  Koriyah,  Dede,  Miko,  Mutia,  Novia A,  Novia RF,  Yulia,  Opan,  Rifaldi,  Roby,  Khoirunisa,  Tarmiji,  Tiara,  Tria,  Umdah,  Zaenal.


M Faikar Zaelan
Universitas Singaperbangsa Karawang, Fakultas Ilmu Komputer, Prodi Teknik Informatika
Kelompok II KKN Desa Karyasari, Kecamatan Rengasdengkok, Kabupaten Karawang (31 Juli 2017 – 30 Agustus 2017)


  



  




 


 
 


 




 

 

 

 

 

  



 
 

 




 



 


 









 

 




 




 






 


 


 


 



 


 











 


 


 


 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar